Jam Indonesia Bagian Barat

Riwayat Saya

Foto saya
Jakarta-Timur, Dki Jakarta, Indonesia
Nama Lengkap Saya Arion Valentino Ambarita Mangaratua , Lahir Pada Tanggal 14, Febuary 1995 . Saya Anak Tunggal . Dan Saya Sangat Menyangi Ibunda Saya :)

Rabu, 22 Februari 2012

Mengenai Piston Kendaraan Bermotor

Hello Guys , Apa Kabar Anda Malam Ini ? Semoga Tetap Stabil Yak :D


Oke Hari Ini Kita Akan Membahas Piston Kendaraan Pada Motor .


Ada Yang Tau Tentang Piston Tidak ?
 

Piston Itu adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik pneumatik, dan silinder pompa.

 Piston pada mesin juga dikenal dengan istilah torak adalah bagian (parts) dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol (crankshaft,) melalui setang piston (connecting rod). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu (aluminium alloy).

Tujian Dari Piston Tersebut Adalah :
  1. Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
  2. Membuka-tutup jalur aliran.
  3. Kombinasi dari hal di atas


Berikut Ini Adalah Gambar Dari Piston Tersebut :









A) Proses Pengisian 



Pengisian Atau Pemasukkan Bahan Bakar Udara Terjadi Pada Langkah Pertama , Yaitu : Saat Torak Bergerak Dari TMA ke TMB , Dimana Katup Masuk Terbuka Dan Katup-Katup Pembuangan Tertutup . Campuran Bahan Bakar Udara Mengalir Melalui Katup Masuk Karena Isapan Torak


B) Proses Kompresi


Proses Pengisian Terjadi Pada Langkah Kedua . Proses Engkol Yang Berputar Menggerakan Torak Dari TMB ke TMA. Pada Langkah Ini Kedua Katup Tertutup Maka Campuran Bahan Bakar Udara Di Kompresikan Sehingga Tekanan & Temperaturnya Meningkat .



C) Proses Pembakaran


Beberapa Derajat Engkol Sebelum Kompresi berakhir Atau Beberapa Saat Menjelang Akhira Langkah Kedua Atau Sesaat Sebelum Torak Mencapai TMA , Busi Memercikkan Bunga Api Sehingga Campuran Bahan Bakar Udara Yang Sudah Dikompresikan Tadi Terbakar Dengan Ledakan . Oleh Karena Itu , Tekanan & Temperatur Gas Pembakaran Didalam Silinder Meningkat .




D) Proses Kerja Atau Ekspansi



Proses Ini Terjadi Pada Langkah Ketiga Atau Langkah Kerja Yaitu Pada Gerakkan Torak Dari TMA ke TMB Pada Saat Torak Melampaui TMA Tekanan Yang Tinggi Tersebut Digunakan Untuk Mendorong Torak Kebawah Dan Memutar Poros Engkol Terjadilah Kerja Mekanik Karena Isi Silinder Membesar , Gas Pembakaran Berekspansi , Tekanan Dan Temperatur Menurun Pada Proses Ini Kedua Katup Masih Tertutup .


E) Proses Pembuangan


Proses Pembuangan Terjadi Pada Langkah Keempat Atau Langkah Pembuangan Torak Bergerak Dari TMB ke TMA . Pada Langkah Ini Katup Masuk Tertutup Dan Katup Pembuangan Terbuka Pada Akhir Langkah Ekspansi Tekanan Gas Didalam Silinder Oleh Karena Itu , Setelah Katup Pembuangan Tersisa Gas Pembakaran Akan Bergerak Keluar Dan Gerakan Torak Ke Atas Akan Mempercepat Keluarnya Sisa Gas Pembakaran . Gerak Berikutnya Torak Bergeraka Dari TMA ke TMB Melakukan Langkah Pengisian Seperti Pada Langkah Pertama , Peristiwa Itu Dilakukan Berulang-Ulang Selama Masih Hidup .




Sumber : Valentino Ambarita Corporation ©






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar